ad300x250

News Update :
Home » » Bapak GNU "Richard Matthew Stallman"

Bapak GNU "Richard Matthew Stallman"

Minggu, 06 Oktober 2013 05.32

Aktivitas bapak GNU ini adalah menyebarkan konsep copyleft, konsep yang memanfaatkan hukum legal hak cipta untuk mengijinkan penggunaan, pendistribusian dan modifikasi software dengan kode sumber terbuka. Karena aktivitasnya di bidang free software, RMS dianugerahi 14 gelar doktor honoris causa.
Jika berbicara Linux sebagai sistem operasi, maka figur RMS memegang peranan penting.
Richard M Stallman at Pittsburgh University
Richard M Stallman at Pittsburgh University
Tahun 1983, RMS mengumumkan sebuah proyek sistem operasi GNU yang seluruhnya menggunakan free software serta kompatibel dengan UNIX. Satu-satunya kekurangan sistem operasi ini adalah belum adanya kernel yang mumpuni. GNU Hurd, kernel yang digadang untuk sistem operasi ini belum mampu menghandlenya.

Tahun 1991, Linus Torvalds muncul dengan kernel Linux, yang mana sesuai sekali dengan yang dbutuhkan sistem operasi GNU. Meskipun dewasa ini sistem operasi GNU lebih populer dengan nama kernelnya, Linux, saya meng-courage anda untuk menyebutnya sistem operasi GNU/Linux, untuk menjaga hubungan batin antara filosofi free software dan kernel linux.

Satu sifat RMS yang sangat bermanfaat dan penting untuk kelangsungan hidup gerakan free software, yaitu keteguhan pada prinsip yang kadang-kadang menjurus ke keraskepala. Sifat ini penting untuk menjaga kita tetap dijalan yang benar .
Sifat ini dalam bentuk konkret-nya adalah distribusi GNU/Linux yang menyediakan versi iso tanpa non-free software, tanpa codecs proprietary, hanya free software.

Laptop Richard M Stallman
RMS pernah menggunakan laptop Lemote Yeelong Notebook, laptop yang dibuat dari kerjasama Institute of Computing Technology of the Chinese Academy of Sciences Cina.
Mengapa RMS menggunakan laptop buatan Cina ini?
Karena laptop ini bisa menjalankan 100% free software, bahkan pada tingkat BIOS. Sayangnya, laptop ini hilang dicuri pada tahun 2012.

“Freedom is my priority. I’ve campaigned for freedom since 1983, and I am not going to surrender that freedom for the sake of a more convenient computer.”
Data Pribadi Richard M Stallman
Lahir: New York City, 16 Maret 1953
Almamater: Univ. Harvard, Institut Teknologi Massachusetts (MIT)
Pekerjaan: Presiden Free Software Foundation (FSF)
Website: www.stallman.org

Richard M Stallman atau lebih populer dengan inisial RMS adalah bapak GNU, pencetus gerakan Free Software seluruh dunia, pencipta editor Emacs, GCC (GNU Compiler Collection) serta lisensi GPL.

 Disarikan dari: wikipedia.org/wiki/Richard_stallman

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Area L I N U X 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.